GOLBOLA

Italia Kalah, Roberto Baggio Semangat. Legenda sepak bola Italia Roberto Baggio tengah bersiap untuk kembali ke pentas sepak bola internasional bersama “Azzurri”. Kali ini bukan untuk bermain, melainkan untuk mengisi peran di federasi sepak bola Italia atau FIGC.

Baggio akan mengisi jabatan Presiden Komite Teknikal FIGC. Tugasnya? Mantan pemain Juventus ini bakal mengurusi pembinaan pemain-pemain muda guna melakukan regenerasi di tubuh timnas Italia, menyusul kegagalan “La Nazionale” di Piala Dunia 2010.

“Roberto Baggio telah mengonfirmasi bahwa dirinya bersedia menerima pekerjaan di FIGC,” ucap agen Baggio, Vittorio Petrone, seperti (MORE…)

——————————————————————————————————————————————-

Ternyata Van Persie dan Kapten Belanda Berdarah Indonesia. Indonesia sampai saat ini memang belum mampu mengirim tim sepak bola ke kancah dunia. Namun masyarakat Indonesia boleh berbangga dengan tim nasional Belanda di Piala Dunia 2010. Pasalnya beberapa pemain tim Oranye memiliki darah keturunan Indonesia. Satu di antaranya adalah sang kapten kapten Giovanni van Bronckhoorst.

Penampilan Van Bronckhoorst memang cukup memukau. Pemain Fayernood Rotterdam itu mampu mengoordinir Robin van Persie untuk membuat serangan mematikan. Van Bronckhoorst turut membawa kemenangan tim Oranye atas Uruguay memalui gol tendangan spektakuler-nya. Gol dari jarak jauh itu diyakini sebagai salah satu gol terbaik (MORE…)

——————————————————————————————————————————————–

PROFIL TIM MEKSIKO. Seringnya ikut dalam kompetisi sepak bola dunia, Meksiko tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu pemain yang dominan dalam CONCACAF, mereka bisa dipastikan masuk dalam Piala Dunia kali ini.

14 kali mengikuti piala dunia, Meksiko menorehkan catatan tersendiri saat berhasil masuk perempatfinal pada piala dunia 1970 dan 1986. Prestasi terbaik sebelum akhirnya dicekal FIFA pada tahun 90 karena menggunakan pemain diluar batas usia yang ditetapkan.

El Tri -julukan Meksiko- harus bersusah payah untuk bisa masuk babak kualifikasi dengan bantuan tiga pelatih. Pelatih pertama mereka, Hugo Sanchez, dipecat setelah gagal masuk babak kuailfikasi Olimpiade Beijing 2008. Sven-Goran Eriksson melatih mereka hanya dalam 13 pertandingan. Akhirnya, kedatangan Javier Aguirre merupakan (MORE…)

——————————————————————————————————————————————–

Howard Webb, orang paling dihujat Belanda. Howard Webb, wasit asal Inggris mendapat hujan hujatan dari tim Belanda setelah mensahkan gol kemenangan Spanyol yang dicetak Andres Iniesta dan kegagalannya untuk mengusir keluar Carles Puyol pada laga final Piala Dunia yang diselingi permainan keras dan hukuman kartu kuning tersebut .

Webb menghukum 13 pemain berlainan dan mengusir keluar lapangan bek Oranye John Heitinga setelah mendapat kartu kuning kedua pada babak perpanjangan waktu di mana Belanda kalah 1-0 dari Spanyol di Soccer City.

Namun, Webb dianggap telah gagal memberikan hukuman kartu kuning kepada Puyol ketika terlihat melanggar Arjen Robben pada menit ke-82 yang membuat pemain Bayern Muenchen itu kehilangan peluang emasnya dalam mencetak (MORE…)

——————————————————————————————————————————————-

PIALA DUNIA: PROFIL TIM PERANCIS. Dengan asuhan pelatih dan permainan apik mereka, Perancis sudah dapat mencatat rekor dunia tersendiri. Sejak piala dunia pertama, hanya enam kali mereka gagal masuk kualifikasi. Bahkan, mampu menjuarai piala dunia 98 sekaligus menjadi tuan rumah kali itu.

Perancis menunjukkan kemampuan permainannya dengan masuk perempat final pada laga ketiga piala dunia tahun 1983. Diikuti dengan menjadi peringkat ketiga pada piala dunia 58 dan 82. Sempat enam kali tidak lolos kulifikasi, Perancis membayarnya dengan mengangkat trophi Piala Dunia 1998 di hadapan rakyatnya. Kemenangan agregat dari Republik Irlandia dalam laga play off menjadi salah satu penentu masuknya Perancis pada Piala Dunia 2010. Sempat diwarnai protes atas handball yang dilakukan oleh Thiery Henry, Tim Ayam Jantan tetap berhasil masuk grup 7 dalam Zona Eropa di bawah Serbia.

Tiery Henry akan menjadi salah satu ujung tombak serangan Prancis. Ia merupakan pencetak gol terbanyak Perancis melewati Michel Platini, dan ikut serta memenangkan Perancis pada Piala Dunia 1998 dan EURO 2000. Bersama William Gallas, Franck Ribery, Karim (MORE…)

——————————————————————————————————————————————–

PIALA DUNIA: PROFIL TIM JEPANG. Konsistensi Jepang dalam piala dunia memang tidak bisa diragukan. Terbukti sejak masuk pada 1998, mereka tidak pernah absen. Walau hanya sampai 16 besar, tapi Jepang merupakan simbol kekuatan Asia.

Debut pada Piala Dunia 1998, Jepang mampu masuk dalam 32 besar. Prestasi ini cukup baik mengingat Jepang tidak pernah masuk atau mengikuti kualifikasi sebelumnya. Empat tahun berikutnya, Jepang dipercayai FIFA untuk menggelar piala dunia bersama Korea Selatan. Tapi, langkah Jepang terhenti setelah kalah dari Italia di babak 16 besar. Kini, Jepang harus membuktikan kemampuannya dalam Afrika Selatan 2010 setelah laga sebelumnya hanya tampil pada putaran pertama.

Nasib Jepang tergantung pada salah satu pemain terbesarnya, Shunsuke Nakamura. Nakamura menjalani karirnya di J-Leauge dan berhasil menjadi pemain terbaik pada 2000 dengan 5 gol dan 11 assist. Empat tahun main bersama Glasgow Celtic, Nakamura menjadi salah satu penentu kemenangan pada 2007. Bersama pemain (MORE…)

——————————————————————————————————————————————–

Gary Lineker, adalah pemain bola tahun 90-an yang berkebangsaan Inggris. Lineker lahir di Leicester, 30 November 1960. Dia pernah membela tim Leicester City, Everton sampai Barcelona di negeri Spanyol sana. Di timnas Inggris, dia bermain 80 kali dan mencetak gol 48 lesakan. Posisi yang Lineker mampu adalah Striker. Lineker sangat mengesankan ketika bermain di ajang Piala Dunia 1990 di Italia. Nama panggilan akrab Lineker banyak, diantaranya Links, Winston, The Queen Mother of Football dan Linny. Lineker punya tinggi badan 1,77 m. Berikut adalah perjalanan karir Gary Lineker di kancah Sepak Bola Eropa dan (MORE…)

——————————————————————————————————————————————–

Paolo Maldini lahir di Milan, Italia, 26 Juni 1968. Maldini adalah seorang pesepak bola asal Italia. Sepanjang karirnya dia hanya bermain di klub AC MIlan, di mana Maldini paling sering diposisikan sebagai bek kiri dan bek tengah. Ia bertinggi tubuh 188 cm. Maldini adalah salah satu legenda sepak bola Italia yang sangat disegani. Meskipun sekarang umurnya sudah hampir kepala empat, tapi dia tetap konsisten dengan permainannya. Di Milan, saat ini ia sering dipasangkan dengan Alessandro Nesta jika bermain di bek tengah. Hingga 2007, maldini menyandingkan 7 gelar Seri A dan 4 Gelar Champions bersama AC Milan. Hingga saat ini Paolo maldini juga dikenal sebagai seorang bek sentral.
Sama dengan karir klubnya, Paolo Maldini pertama bermain di tim nasional sebagai bek kiri. Pada 31 Mei 2009 menjadi lembaran (MORE)

Iklan